Petualangan Singkat DiPref.Shizuoka

Kategori

Apa kabar gaes?, udah lama nih ga nulis blog, cause sibuk ngurus kelanjutan untuk study disini hehe,, ingin berbagi cerita sedikit 2 tahun petualangan diNegeri Sakura, tepatnya Di INTERNASIONAL SHIZUOKA JAPAN LANGUAGE tempat saya mengenyam pendidikan Bahasa Jepang, Budaya, dan berbagai macam tata cara hidup orang Jepang. cekidot!


Tahun pertama, ketika masuk kelas ehh,,, diajak fotoan sama teman vietnam, Myanmar.

Keseharian yang tidak pernah luput dari canda dan tawaan, walaupun awalnya saya merasa asing diantara kawan kawan, karena pertama kali bertemu dengan orang Myanmar dan Vietnam dan juga disekolah ini orang Indonesia angkatan pertama adalah Saya sendiri, ini membuat saya lebih semangat belajar dan terus mengejar, menggapai apa yang saya inginkan. Saya tinggal diapartemen sekolah sendiri, selama 1 tahun saya melakukan apa saja itu sendiri, entah itu pergi ke kantor pos, BANK, akan tetapi pergi ketempat yang saya inginkan saya tidak bisa, karena ketidak adaan Senior.

Sambilan Part Time work, ketika pulang tubuh udah capek, kelaparan, mau masak juga kadang mengeluh, akan tetapi seiring berjalannya waktu saya terbiasa dengan ini,

Sehabis masak, tidak luput dengan tugas sekolah, yang setiap hari diberikan hufft,,

Datang kesekolah ngga pagi-pagi juga, tapi ini kepagian datangnya, karena kalau masih Semester 1 , kehadiran harus diatas 90%, disekolah ini kalau kehadiran diatas 90% dapat duit 40.000 yen, lumayan buat beli beras, gkgk,,.

Tidak lupa juga untuk menghilangkan penat, rasa bosan, supaya stres juga ngga numpuk, itu obatnya liburan, ada liburan musim panas, dingin, gugur, semi. kira-kira sampai 2 minggu.an kalau ngga salah sih.
Sakura,

kadang kesini juga Kota Hamamatsu, musim dingin.

Liburan dikebun binatang Shizuoak bareng sensei hihi,,,

Masuk tahun ke 2 , tugas semakin bertambah sulit, jumlah bukunya juga meningkat, karena harus mempersiapkan untuk masuk perguruan tinggi,.
setiap hari pemandangan seperti ini

Pengalaman pertama interview untuk masuk UNIVERSITAS OF TSUKUBA, tapi hasilnya mengecewakan "NOT PASSED" awalnya sih kecewa, tapi ketika itu saya yakin ini adalah awal dari kesuksesan, tidak ada kesuksesan kalau tidak dibarengi dengan kegagalan.

Keyakinan saya itu menjadi kenyataan, bulan 2 kemaren saya mencoba UNIVERSITAS OF HUMAN ENVIRONMENTS yang berada didaerah pref.AICHI , NAGOYA, OKAZAKI CITY,. saya lulus. Syukur alhamduilllah, tapi ini adalah the power of do'a ibu saya bisa lulus.

Semngat dalam 2 tahun ini tidak sia-sia, kendati beda sangat banyak perbedaan diantara saya dengan teman kelas, akan tetapi itu tidak membuat kita bebeda, selalu tertawa, bercanda, membuat segala masalah terhapus dengan sendirinya.

Dimana ada pertemuan pasti ada perpisahan, 10 maret 2017. Graduation Ceremony, tidak bisa membohongi perasaan, sedih campur senang tidak terbedung dengan perpisahan ini.

My class with wali kelas.

kesshite wasuremasen,




  • 袋井宿開設400年記念祭り (Festival Peringatan 400 tahun Kota Fukuroi, Parade Zaman Edo

    Kategori

    Assalamualaikum wr wb,
    Apa kabar gaes gaes, Cukup lama udah ga nulis blog nih, Lumayan sibuk sob, hehe,,. Oh iaa, kali ini nih pengen ngeshare ke kawan-kawan lagi tentang Jepang lagi, lagi dan lagi, Bareng teman-teman Mahasiswa & HAMAZO.tv.
    Festival Parade Kota Fukuroi Pada Zaman Edo ( Zaman samurai )

    Seperti gambar yang diatas pada Zaman Edo, ternyata Kota yang saya tinggali ini ada jalur yang bernama TOKAIDO yang selalu dilewati oleh para Raja Samurai dulu,

    Parade ini diadakan setiap 30 Oktober, bertepatan pada Musim Gugur,

    Berikut jalur parade sudah ditentukan dengan titik merah, disisi kiri dan kanan jalur tersebut terdapat musium / Galeri foto zama dulu,

    Gambar yang terakhir membuktikan bahwa dulu penduduk DiFukuroi suka bermain layang-layang, ya kan !
    Parade tersebut diikuti oleh bermacam kalangan, mulai dari bocah sampai orang tua dengan kata lain kakek & nenek .

    Fukuroi juga punya Raja dan Ratu jugalah , nih dibopong kaya abis sunatan, gkgk,,

    Pengeran yang gagah dengan permaisuri manis bak sinar mentari pagi yang membelah jagat raya alam semesta, diiringi dengan anak-anak kecil imut loo,,

    Dingin coyyy, the power of kakek-kakek, dengan suhu 14 derajat.

    Antusias penduduk Fukuroi dengan berpatsisipasi membuat beragama bazar Minuman dan Makanan, disisi kanan dan kiri jalan.

    Berikut para mahasiswa yang ikut berpatisipasi dalam festival ini, diantaranya ada yang menicipi kuliner khas Mie ken ( Pref, Mie ) yaitu UDONG,

    Lihat raut senyum melas para mahasiswa sangat bahagia dapat gratis makanan, dimaklumkan saja, pasti pada mengertikan. Ternyata tidak sampai disitu, mereka masih lapar pengen ngemil, terpaksa beli makanan lagi, ini nih ikan coklat rasa ubi `ANKO`

    Biasa aja atu, Neng Akang , pada kebagian kok, laper ga sampe segitunya kaleee,

    Brefing pembagian nasi kotak,

    Alhamdulillah,,, Cieee mereka semua rata kebagian Nasi Kotaknya, Senyum yang sangat mulia kawan-kawan mahasiswa, haha,,,

    Yah , becandanya udahan ah, sekian dulu ya gaess, jika ada kesalahan penulisan, makna, atau sikap mohon dimaafkan ya gaesss, Kami hanya manusia biasa :). Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan, kalau tidak bermanfaat ya dimanfaatin, pokoknya harus !. Wassalamualaikum wr wb,.

    Salam HAMAZO.tv


    By : Robi khaera saputra
    fb : AL-Ayuby Khaera II
    ig : @robisasak



  • Festival Kembang Api FUKUROI 2016

    Kategori

    Assalamualaikum Wr, Wb.
    WE PRESENT THE DREAM ALL OVER THE WORLD,
    Begitu slogan utama dari Festival Kembang Api terbesar Ke 3 DiJepang, yang diadakan Didaerah Fukuroi ,SHIZUOKA Pref, Hari Sabtu 6 Agustus 2016.

    Bertepatan sekali dengan malam minggu, para pengunjung membeludak dari kalangan dewasa, anak-anak terutama para remaja yang datang bersama pasangannya menggunakan YUKATA dan JINBEI ,

    JINBEI,

    taken by : ruyenkz

    taken by : kk Nurul,
    Banyak yang bilang lebih baik nonton dari jauh daripada dekat, kalau dekat itu perlu beli tiket, dan tuketnya mahal! `` ujar orang jepangnya, awalnya sih tidak percaya dengan perkataan orang jepang tadi, ehh,,, sampai lokasinya tiket dibanrol dengan harga ¥4000, = Rp, 500.000 , tapi untungnya diteraktir, hehe,,,

    Sekalipun mahal berikut antusias penonton,

    taken by : kk nurul
    Dan tidak kalah lagi, yang paling menyenangkan itu nonton bareng teman-teman, senior-senoir kece badai, berkumpul bersama menjalin silaturahmi, bertukar pendapat, menceritakan hal yang bermanfaat, berdiskusi untuk kedepan yang lebih baik.

    Festival Kembang Api ini tidak sembarang diluncurkan begitu saja, akan tetapi sesuai urutan yang telah ditentukan oleh panitia.

    Kembang Api ini dipersembahkan oleh perusahaan-perusahaan ternama, dengan hitungan menit yang lama menggunakan ritme musik dengan tempo yang sangat tepat dan indah, ada juga yang tidak menggunakan ritme dengan hitungan kurang dari 3 menit. Seperti gambar diatas.
    Inilah 2 besar Perusahaan yang mempersembahkan Kembang Api dengan waktu 10 menit, merogoh kocek ¥1000万= 1 Milyar , yang ke 2, 5 menit, ¥500万= Rp, 500 juta. wowww,,, Amazingg banget ccoyyy,,,,

    Kita langsung saja kepada pembukaan,

    Taken by : Sano san
    Dengan iringan musik menambah suasana pearsaan menjadi sangat nyaman, rasa sedih, kecewapun, bisa terhapuskan oleh indahnya tarian Kembang Api tersebut.

    With senoir : Edis jun and Vishu gupta

    Asap Kembang api yang membekas dilangit bak cerita dongeng Seorang lelaki yang selalu menunggu kekasih yang walaupun terluka olehnya,

    Berikut viewnya dari jarak jauh, ternyata lumayan bagus bro!,,

    taken by : kaneta san
    ,
    https://www.youtube.com/watch?v=2Q701fAn8WI&feature=youtu.be
    video hanabi,
    Sekian dulu semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca artikel saya, krtik dan saran sangat saya butuhkan, karena saya pemula dalam penulisan blog, silahkan teman-teman berkomentar dibawah, termiakasih sudah membaca artikel saya.
    Waalaikumsalam Wr,WB.
    Oleh : https://www.facebook.com/alayuby.ii



  • MANTOSAI ( Festival Lampion Musim Panas )

    Kategori

    Assalamualaikum warahmatullohiwabarokaatuh ,,
    Lumayan lama nih tinggalin blog yang usang, hehe,.
    Hai guys happy wekkend bareng keluarga, habis lebaran liburan kemana? kalau di Indoensia dimana?,
    kalau diJepang, sekarang lagi liburan musim panas, tidak luput dari berbagai macam festivalnya, kali ini saya akan mengeshare untuk teman-teman, salah satu festival musim panas diJepang. letsss check,,
    Festival ini bernama MANTOUSAI まんとうさい、Dimana diadakan setiap tanggal 9 Juni , Di Pref,SHIZUOKA, daerah FUKUROI ,Kuil HATTA SAN.

    Festival ini diselenggarakan sudah pasti ada maksud dan tujuannya,
    1.Mengingatkan kepada para pemuda jepang untuk melestarikan budaya ini,
    2. Menurut penganut Budha, agar permohonan cepat terkabul mereka memasukkan selembar kertas kedalam lampion yang padanya tertempel amplop,

    Sebelum memasuki kuil untuk berdo`a, mereka menyalakan dupa, kemudian menancapkannya kedalam Benda berisi abu dupa ini.

    Jumlah Lampion ini mencapai 800 kotak lebih, woww! tidak hanya itu, jumlah pengunjung juga per menit meningkat loh, sampai mencapai 3000 orang,

    dari terangnya sore sampai gelapnya malam,

    Start menyalakan lilin lampion dimulai pukul 19.06 oleh panitia.

    Pembukaan dimulai oleh para Biksu untuk berdo`a bersama didalam kuil.

    Setelah itu, diizinkan untuk para pengunjung untuk berdo`a, memotret pemandangan dalam kuil,

    Keren kan,kan,kann! hehe,,
    Para pengunjung banyak datang dengan pasangan masing-masing, do`i vrohhh, eistt jangan mau sangka jomblo tidak punya kesempatan, disini waktu yang tepat untuk para jomblo mencari pasangan, apalagi orang jepang uhhh,,,Mantap coy! ini nih buktinya,

    Letak Kuil dan deretan Lampion berada dipuncak bukit, menaiki kurang lebih 400 anak tangga,

    Bukan hanya dipuncak saja diadakan acara, dikaki Bukit juga menggelar panggung musik jepang plus comeddy japan.
    Ini nih bintang tamu yang ditunggu-tunggu pengunjung penyanyi Legendaris 90.an dengan tembang berjudul UTADA HIKARU,
    # MIRAKURU HIKARU

    penampilannya membuat penonton terus bertambah,

    Tidak lupa sambil menikmati untaian lagu, dengan camilan khas jepang, #Takoyaki

    Sekian dulu, bagi teman-teman yang ingin pergi keJepang untuk kuliah seperti saya, jangan pernah ada kata menyerah.okeyy?
    がんばって下さい!
    Wassalamualaikum warah matullohiwabarokaatuh.



  • SHIN CHA FUKUROI ( teh hijau )

    Kategori

    SHIZUOKA KEN FUKUROI SHI, DiJepang SHIZUOKA sangat terkenal dengan berbagai macam tehnya, salah satunya SHIN CHA. Tepat 1 Mei teh hijau ( Shin Cha ) ini dengan nama barunya,

    kali ini saya dapat pengalaman yang cukup seru, bisa melihat secara langsung proses pembuatan Teh ( SHIN CHA ) ini dari awal sampai dikemas dalam bentuk saset. check it dot,,,
    1. Awal pemetikkan secara alami
    Pembuatan teh ini sudah ada sejak 800 tahun yang lalu, saat masih sering ada peperangan kecil, para tentara yang terluka mereka diobati menggunakan daun teh tersebut, konon ceritanya.

    2. Menggunakan Chikariki ( Mesin pemotong )

    Mesin seharga 100 juta ini menghasilkan 10 ton daun teh per sekali panen, dan hanya dikerjakan seorang saja
    , berbeda dengan mesin ini

    dikerjakan oleh 2 orang, ditampung menggunakan karung besar, sedikit sulit, membutuhkan semangat dan kesabaran.

    Pemandangan dalam pabrik pengolahan

    wow sudah menjadi bubuk halus,,

    Acara jamuan minum teh ala kerjaan Jepang dulu, pelayan mengenakan Kimono,


    Karena pahit sebelum meminum teh ini para pelayan menyediakan Omochi makanan ringan yang cukup manis,

    Salam terimakasih,

    Pengarahan oleh petani Teh,

    Ternyata Didaerah ini surga para petani teh dengan tanah dan cuaca yang seimbang.


    Sedikit cerita dari Pemilik Perusahaan Teh tersebut,

    Seharian ngebolang dapet buah tangan, oleh-oleh limited edition,
    hehey,,,
    Omochi isi strawberry,

    enakkk bangettt,,,,^o^



  • Kuil Hatta San dan Pohon Sakuranya

    Kategori

    Happy wekkend kawan-kawan hari ini wekkendnya kemana? sudah masuk musim semi lo, diJepang begitu juga dengan sakuranya yang mekar. Saya akan berbagi sedikit tentang tempat liburan diPref.Shizuoka, tepatnya didaerah Fukuroi{絵:002:face02}{絵:183:face183}
    Ayo baca!
    Kuil Hatta san (法多山)
    法多山尊永寺 Hatta san soneiji (Anak Hatta Eiji) adalah, Prefektur Shizuoka Fukuroi di Kuil Koyasan Shingon Motoyama yang luar biasa . Dari "TakashiHisashitera" dari Jigo dan gunung dikenal luas dengan nama "Hotayama" salah satunya dari Enshu Miyama . Pokok image Avalokitesvara (positif Kannon, jimat bodhisattva).
    Dikenal sebagai keberuntungan pesona Kannon, jimat berbentuk pangsit telah menjadi cindra mata yang spesial.

    Sebelum berkeliling Kuil, kita seperti biasa briefing, kali dapat pengarah dari kakak kameramen tentang cara mengambil foto yang bagus,


    {絵:001:face01}


    Hari ini diKuil Hatta san berbagai macam festival musim semi ditampilkan ;
    1. Cara memakai KIMONO
    Penampilan pertama


    Penampilan kedua

    Penampilan terakhir

    2. Pentas lagu daerah


    Suasana mekarnya sakura, dengan adanya kedai-kedai kecil membuat suasana menjadi lebih dinikmati,

    Ini dia kembali dibahas lebih detail Melon 2 juta,

    hari ini saya dapat pelajaran baru langsung dari orang yang memperoduksi Melon ini dari pembibitan sampai panen dan layak untuk dipasarkan,

    dalam 1 tahun bisa sampai 4 kali panen, woww!
    Cara menanam bibitnya juga tidak sembarangan alat khusus untuk menanamnya.

    jangka waktu 50 hari sampai panen,

    Setiap melon yang diproduksi mempunyai nomor urut masing-masing, keren kan!{絵:003:face03}

    CROWN MELON

    Sakura Dango, The limited of danggo,

    mengapa dinamakan Sakura Danggo? karena daun/bunga sakura termasuk dalam olahan makanan tradisonal tersebut dan hanya bisa dibeli pada waktu musim semi saja.

    Sekian! salam HAMAZO^^




  • Cooking Party

    Kategori

    Salah satu acara yang tetap diselenggarakan untuk menyambut datangnya musim Semi ( haru ) disalah satu sekolah di Pref.Shizuoka Fukuroi, dimana event memasak ini diikuti oleh para mahasiswanya,dengan membawakan khas masakan negara asal masing-masing.

    dihidangkan kepada tamu-tamu, sembari para tamu mencicipi semua masakan itu, para mahasiswa menjelaskan tentang dan cara membuat masakan tersebut,

    Penilaian oleh para tamu


    Penilaian mahasiswa

    Dimenangkan oleh team Vietnam


    Acara terakhir ditutup oleh kesan pesan dari Rektor sekolah tersebut.




  • Speak Contest

    Kategori

    Speak Contest yang Diadakan Oleh FUKUROI INTERNATIONAL FRIENDSHIP ASSOCIATION ( FIFA ),
    yang dimenangi oleh orang indonesia, bangga donk ya!,{絵:005:face05}
    Acara lomba tersebut diadakan 1 tahun sekali untuk memberi kesempatan bagi siapapun bisa unjuk gigi menampilkan isi pidato mereka, selain itu bisa menarik minat wisatwan asing.

    antusias penonton

    Penutupan ``KANPAIIIII`` makan-makan



    Kegiatan setelah semua acara ini , wisatwan asing dibagikan makanan ringan, tapi dengan memenangkan Jangkeng ( hom pim pa ) hehe,,




  • Melon 1 juta dan dorayaki doraemon

    Kategori

    Awalnya sih tidak bisa dipercaya dengan harga melon tersebut, tapi setelah dicicipi,. Tidak diragukan lagi rasa setara dengan harganya, Dari penanaman bibit sampai panen pun takjub melihat prosesnya, bagaimana tidak kagum, setiap hari harus diawasi keadaannya, sampai buah Melon ini layak untuk dipasarkan.
    hanya sekecil bola maianan anak-anak, berikut melon 1 juta.

    wow

    ini nih pasangannya sehabis makan buah, kenalin
    <太>Dorayakibareng <太>Madoresuya
    Camilan ini cocok untuk dijadiin oleh-oleh loh, Dorayaki tidak asing lagi namanya, bagi pecinta Doraemon, {絵:002:face02}
    Madoresuya , kedua cemilan ini dapat ditemukan apabila teman-teman sering berpergian kedaerah wisata seperti KUIL-KUIL , atau yang berhubungan kental dengan sejarah jepang dulu,
    contohnya makanan tersebut,


    Dorayaki

    <太>Telur busa , katanya sih makanan Pada zaman Edo , sering dimakan oleh para samurai,




  • Melon 1 juta dan dorayaki doraemon

    Kategori

    Awalnya sih tidak bisa dipercaya dengan harga melon tersebut, tapi setelah dicicipi,. Tidak diragukan lagi rasa setara dengan harganya, Dari penanaman bibit sampai panen pun takjub melihat prosesnya, bagaimana tidak kagum, setiap hari harus diawasi keadaannya, sampai buah Melon ini layak untuk dipasarkan.
    hanya sekecil bola maianan anak-anak, berikut melon 1 juta.

    wow

    ini nih pasangannya sehabis makan buah, kenalin
    <太>Dorayakaibareng <太>Madoresuya
    Camilan ini cocok untuk dijadiin oleh-oleh loh, Dorayaki tidak asing lagi namanya, bagi pecinta Doraemon, {絵:002:face02}
    Madoresuya , kedua cemilan ini dapat ditemukan apabila teman-teman sering berpergian kedaerah wisata seperti KUIL-KUIL , atau yang berhubungan kental dengan sejarah jepang dulu,
    contohnya makanan tersebut,